Temimo Tamu - TANEAK TANAI
TANEAK JANG - BUMAI PAT PETULAI
MAGEA SANOK SEMANEI SLAWEI KUTE NE,MARO BA ITE SELALU JEMAGO PERSATUAN LEM MBANGUN TANEAK TANAI TE,BLOGGER ADE BA ALAT MAGEA ITE UNTUK SELALU JEMALIN SILATURRAHMI.

" Sesungguhnya engkau tidak akan menjadi orang besar, kalau hanya menuntut ilmu dengan kepintaran tinggi, tapi melupakan tempat kelahiranmu...dengan pura-pura lupa,atau apapun itu "
- Anton -
Photobucket
Home » » Temimo Tamu

Temimo Tamu

Written By Anton on Kamis | 10.03

Neak Sadei Topos tamu Kutai biaso ne tenimo neak Gais Pigai, Gais Pigai yo ade pnan gerbang atau lawang masuk Kutai, Tamu do teko senambut secaro adat lengkap ngen peralatan awei iben, Bungai ngen biaso ne kulo pakei patun. Menurut Wok Salim neak batas yo ba masyarakat kutai temanye gen keperluan tamu yo teko moi sadei. Amen niat tamu yo kidek moi sadei neak pio ba tun semodona, mako ne tip-tip nyambut tamu harus ade ulubalang (tun sadei do ade lemau bela diri) sehinggo tamu do niat kidek jibeak sapei masuk moi sadei.

Amen tamu ne baik mao si nembut ngen adat, dau pepatah do senapei ngen tun tuai sadei terutamo akuak ro kondisi sadei misalne 'sadei keme halaman serut, podok atep buluak....' setelah proses pepatah-petitih yo tamu o neluak mbuk iben do nembin bujang gadis setelah o kenalung bungai, tamu biaso ne mbin kulo juru pantun ne sehinggo pacok jemawab kecek tua sadei.

Dio pertando ite tun jang mengormati tamu do berniat baik moi sadei ite, jelas wok salim, setelah sudo temimo tamu o' tamu kemudian nebin moi pan ne menujau neak di ba kulo tamu yo jenamu ngen areak pemuk, pemuk pembuka ne ade ba sawo njyoa uai ngen sawo tendok pelambang bahwa selamo neak sadei o si akan meraso tenang, supayo aus kaeun awei tekmok bio neak imbo, baru sudo o' tamu nyo nelei ba areak pemuk pangen ubet nyemen.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Profil Singkat Suku Rejang

Suku Rejang adalah salah satu suku tertua di pulau Sumatra selain suku bangsa Melayu.Suku Rejang menempati daerah Lebong,Rejang Lebong,Kepahiang,Bengkulu Utara dan sebagian menyebar ke wilayah Sumatera Selatan.Bila kita lihat dari dialek bahasa yang digunakan, sangat jelas perbedaan antara bahasa Melayu dan bahasa daerah di Sumatra lainnya dengan bahasa Rejang. Suku Rejang menempati Kabupaten Lebong,kabupaten Rejang Lebong,kabupaten Kepahiang, Bengkulu Utara,Bengkulu Tengah Dan tersebar ke wilayah sumatera bagian selatan. Suku ini merupakan terbesar di provinsi Bengkulu

Jika mengacu pada sistem kelembagaan lokal atau local community masyarakat adat yang ada di Kabupaten Lebong adalah komunitas kampung yang di sebut dengan dengan istilah lokal Kutai atau Dusun yang berdiri sendiri yang merupakan kesatuan kekeluargaan yang timbul dari sistem unilateral dengan sistem garis keturunan yang patrilineal dan dengan cara perkawinan yang eksogami, aplikasi sistem lokal ini kemudian di terjemahkan dengan sistem kelembagaan Marga, sebuah sistem adopsi dari sistem pemerintahan Kesultanan Pelembang. Ada beberapa kesatuan kekeluargaan yang relatif masih tegas asal usul, wilayah tata aturan lokal di Kabupaten Lebong masing-masing kekeluargaan tersebut kemudian di sebut dengan Marga. John Marsden, Residen Inggris di Lais (1775-1779) menceritakan tentang adanya empat Petulai Rejang diantaranya Jekalang (Joorcalang), Selupuak (Selopoo), Manai (Beremani), Tubey (Tubay) di sisi lain Dr. J.W. Van Royen dalam Laporannya “adat-Federatie in de Residentie’s Bengkoelen en Palembang” menyatakan bahwa Marga-Marga tersebut merupakan kesatuan Rejang yang paling murni.
_________________________________________
 
Support : BUMAI PAT PETULAI | Sukau Jang | Taneak Jang
Copyright © 2011. TANEAK TANAI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger